Ratusan Pohon Ketapang Kencana,Memadati Kawasan Monas

Pada hari Senin, 3 Februari 2020, sejumlah besar pohon Ketapang Kencana ditanam di lokasi proyek revitalisasi Monas, tepatnya di lapangan Merdeka Selatan. Pohon Ketapang Kencana ditanam kembali setelah sekitar 200 pohon Ketapang Kencana ditebang karena proyek revitalisasi.

Berdasarkan pengamatan agen transportasi, delapan pohon Ketapang Kencana dengan ketinggian hingga 3 meter tertanam dalam garis di sisi kanan lokasi proyek.

Ratusan Pohon Ketapang Kencana,Memadati Kawasan Monas

Pohon Ketapang Kencana terlihat ditanami kembali karena batang pada batang pohon Ketapang Kencana masih basah. Di penanam Pohon Ketapang Kencana, tanahnya masih merah seperti sisa penggalian.

Bagian atas pohon Ketapang Kencana terlihat ditebang, beberapa cabang masih memiliki daun. Di bagian bawah pohon ketapang kencana itu dilakukan oleh bambu, yang disilangkan sehingga tidak runtuh.

Beberapa pekerja terlihat di lokasi proyek bekerja dengan pakaian dan helm pelindung. Proyek ini adalah proyek tertutup dan tidak boleh dimasukkan. Jual Pohon Ketapang Kencana

Sampai berita ini diketahui, tidak ada informasi terkait dengan penanaman pohon Ketapang Kencana. Kami mencoba mengkonfirmasi ini dengan Unit Manajemen Monas tetapi belum menerima tanggapan.

Proyek revitalisasi Monas sebelumnya dikritik karena menyebabkan sekitar 200 pohon ketapang kencana ditebang. Pemerintah provinsi DKI Jakarta berjanji untuk menanam kembali petisi Ketapang Kencana di tempat lain dan mengganti sepuluh kali jumlah yang mereka potong.

Proyek ini kemudian mendapat perhatian dari DPRD DKI Jakarta. Berdasarkan kontraktor proyek yang meragukan, akhirnya muncul bahwa ia belum menerima persetujuan dari Sekretariat Negara Kementerian untuk memimpin Komite Pengarah Medan Merdeka tentang Pembangunan Daerah. Akibatnya, DPRD DKI Jakarta dan Kemensetneg mendesak untuk menunda proyek restorasi untuk monumen nasional.

Pohon ketapang sering terlihat tinggi dan rindang. Tapi tahukah Anda seberapa besar pohon itu?

Dengan batang 1,5 meter, pohon ini bisa mencapai diameter hingga 40 meter.

Pohon ini tampaknya memiliki cabang yang tumbuh secara horizontal dan berlapis. Bahkan pohon ketapang muda terlihat seperti pagoda, sementara pohon tua dan besar sering berakar.

Daun ketapang

Daun rimbun menghiasi cabang-cabang kayu dari telur Ketapang seperti pohon oval dengan ujung bulat, sementara bagian yang berlawanan menyusut ke batang pohon.

Penguatan mata pisau berjalan sejajar dengan ujung mata pisau, yang bergelombang. Ukuran daun ketapang sekitar 8-25 cm.

Buah ketapang

Buahnya keras lonjong dengan bentuk lonjong, agak pipih dan bersudut. Ketika Ketapang masih muda, warnanya hijau kekuningan, dan ketika sudah matang, warnanya berubah menjadi ungu kemerahan.

Biji buah yang bisa dimakan dari Ketapang. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Karena alasan ini, banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang untuk menggantikan kacang kenari dan almond. Kering di bawah sinar matahari, bagian tengah biji ketapang membentuk minyak kekuningan.

– Pohon ketapang menyebar karena memang tahap budidayanya sangat cepat dan tentunya sangat efisien sekali,daerah yang sangat cocok untuk pengembangan tanaman ini sejatinya tidak diketahui secara pasti. 

Tanaman  ketapang kencanana ini sudah sejak  lama di naturalisasi dari wilayah Afrika ke benua Australia, Papua, Asia Tenggara, Mikronesia, dan India. 

Pada pertengahan abad ke-20, Ketapang digunakan sebagai lanskap perkotaan Brasil. Sifat-sifat tanaman ini menumpahkan daunnya sampai seperti di Eropa. Selain itu, Ketapang Kencana sering ditanam di pohon hias, tidak hanya sebagai peneduh, tetapi juga menggunakan buah-buahan untuk memakannya dengan rasa yang sedikit asam.

Manfaat pohon ketapang sangat banyak untuk membantu orang menjalani kehidupan sehari-hari mereka, terutama dalam hal menjaga kesehatan. Ketapang adalah tanaman asli dari Asia Tenggara yang mudah ditemukan di negara-negara seperti Indonesia. Anda akan sering melihatnya di pantai atau daerah dengan iklim subtropis. Namun, ketapang sangat langka di Kalimantan dan Sumatra.

Hampir semua bagian pohon ketapang dapat digunakan. Bagian dari Ketapang yang memiliki banyak manfaat kesehatan adalah bagian daun. Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan daun ketapang? Baca penjelasan berikut.

Manfaat kesehatan dari Ketapang

1. Dapat mengurangi tekanan darah tinggi

Daun ketapang bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Orang dengan tekanan darah tinggi dapat menggunakannya untuk mengobati tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi. Metodenya cukup sederhana. Hanya dengan meminum air matang.

2. Daun ketapang bisa menyembuhkan sariawan

Daun ketapang tidak hanya bisa mengurangi tekanan darah tinggi, tetapi juga menyembuhkan sariawan. Sariawan pasti akan menjadi kendala setiap kali ingin makan. Ternyata daun ini memiliki kandungan antiseptik yang cukup baik dan efektif dalam menyembuhkan sariawan.

3. Dapat mempercepat penyembuhan penyakit kulit

Manfaat kesehatan daun ketapang, yang selanjutnya menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti kurap, kurap, gatal-gatal, dan juga jamur. Ini juga sangat mudah digunakan, yaitu dengan melumatkan daun untuk mengekstraksi daun. Kemudian daun parut dioleskan ke tubuh sampai masalah penyakit kulit teratasi.

4. Daun ketapang dapat memperlancar pencernaan

Manfaat lain dari Ketapang adalah membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Jika Anda memiliki masalah sistem pencernaan seperti diare, sembelit, dll., Buat daun ketapang ini sebagai obat dengan meminum air matang.

5. Meredakan rasa sakit saat menstruasi

Kebanyakan wanita mengalami rasa sakit saat menstruasi. Jika Anda memiliki masalah seperti itu, Anda harus menggunakan daun ketapang sebagai obat. Bagaimana satu?

Yaitu melalui pengolahan menjadi minuman. Rebus daun ketapang lalu minum hasil rebusan sampai rasa sakitnya hilang. Cukup sederhana, bukan?

6. Pertajam memori Anda

Kehilangan memori dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, usia, nutrisi, genetika atau otak jarang diasah. Untuk mempertajam ingatan Anda, daun ketapang bisa dijadikan solusi.

Dalam kandungan daun ketapang ini terdapat senyawa yang membuat otak bekerja secara optimal dan optimal. Hanya jika Anda minum air rebusan ketapang daun ingatan Anda akan meningkat secara signifikan.

7. Pengurangan risiko stroke

Stroke adalah penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan berisiko menyebabkan kematian. Hanya sedikit yang bisa pulih dari stroke ini. Memang penyakit ini disebabkan oleh banyak hal, seperti tekanan darah tinggi, stres dan sebagainya. Mengkonsumsi air rebusan ketapang ini mengurangi risiko stroke.

8. Antijamur

Astiti dan Suprapta (2012) meneliti aktivitas antijamur ekstrak daun Pohon Ketapang Kencana terhadap jamur A. phaeospermum. Daun jati kering diambil oleh para peneliti. Ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa daun pohon Ketapang Kencana bergizi untuk mencegah pertumbuhan jamur.

9. Pencahar

Daun Pohon Ketapang Kencana dapat digunakan sebagai obat pencahar alami atau pencahar. Daun pohon ketapang kencana merangsang dan mempromosikan pelepasan tinja (kotoran) dari usus Anda. Karena itu, Anda yang tersumbat (sulit dikosongkan) dapat memanfaatkan daun jati ini.

10. Memerangi bakteri penyebab penyakit

Para peneliti menemukan bahwa daun pohon Ketapang Kencana memiliki sifat untuk mengendalikan Listeria monocytogenes, yang berlimpah dalam makanan dan merupakan bakteri yang menyebabkan listeriosis. Selain itu, daun pohon Ketapang Kencanati juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri lain yang menyebabkan infeksi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>