Jual Bibit Kopi Arabika

Jenis Kopi Arabika merupakan salah satu jenis tanaman kopi yang cukup populer dan banyak digunakan untuk sajian minuman ataupun bahan kecantikan.

Setidaknya sekarang ini terdapat kurang lebih 4 jenis kopi yang sudah diperdagangkan secara global dengan skala yang besar,yakni jenis arabika, robusta, liberika, dan excelsa. Yang mana lebih dari 99% bisnis perdagangan kopi dunia didominasi oleh jenis arabika dan robusta,untuk varian lain dominan dalam jumlah yang tidak signifikan yang mana hal tersebut terdiri dari jenis liberika dan excelsa.

Jual Bibit Kopi Arabika

Pada awalnya dahulu bangsa Arab memulai untuk mempopulerkan beberapa ekstrak biji kopi jenis arabika dengan sajian diseduh dengan air panas sebagai minuman penyegar dan juga sebagai tambahan stamina. Jenis Kopi arabika merupakan jenis kopi yang dihasilkan dari tanaman Coffea arabica,jenis  tanaman ini dipercaya berasal dari negara Etiopia,lalu kemudian dibawa oleh para pedagang dari bangsa Arab ke negara Yaman.

Lalu kemudian mereka berhasil membudidayakan tanaman kopi arabika tersebut di Asia lalu meluas hingga ke benua Amerika,maka sejak itu lah jenis kopi arabika ini menjadi sebuah komoditas yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan kopi arabika ini sempat menjadi sebuah komoditas kedua terbesar yang diperdagangkan secara setelah minyak bumi.

Tidak ada yang tahu persis kapan dan dimana jenis tanaman kopi arabika untuk pertama kali dibudidayakan. Namun,di beberapa literatur terkemuka telah menyetujui jika tanaman ini berasal dari Abyssinia, sebuah daerah di yang ada di benua  Afrika yang hingga kini mencakup ke negara seperti Ethiopia dan Eritrea.Lalu setelah Dari Abyssinia kopi arabika ini dibawa oleh bangsa Arab ke Yaman, dan kemudian meluas hingga ke berbagai benua seperti Eropa dan amerika yang secara legal menyebarkannya ke seluruh dunia.

Kopi arabika ini dijadikan sebagai minuman untuk pertama kali,dipopulerkan oleh bangsa Arab. Banyak literatur yang paling tua mengungkapkan tentang biji kopi arabika yang berasal dari catatan Al Razi,seorang ahli kedokteran yang sudah hidup di abad ke-9. dari situ dikatakan bahwa awalnya Orang-orang Eropa setelah mulai mengenal kopi dari para pedagang Arab pada abad ke-16.

Lalu kemudian komoditas tersebut diperdagangkan di pelabuhan Mocha, Yaman. Untuk sekian abad lamanya pedagang Arab memonopoli perdagangan biji kopi.

Sekitar tahun 1616 seorang warga negara asal Belanda berhasil membawa tanaman kopi arabika ke luar dari pelabuhan Mocha.Pada waktu itu terdapat dua macam  jenis kopi arabika yang dibawa orang-orang Eropa dari Yaman.

Pertama, jenis kultivar yang mana jenis ini sangat terkenal di pulau Jawa,lalu kemudian menyebar secara luas ke Asia Selatan dan juga di benua Amerika Tengah dikenal sebagai Typica.

Lalu yang berikutnya ialah jenis kultivar yang mana jenis ini dibawa ke negara Brasil lewat La Reunion kemudian sesudah itu dikenal sebagaiBourbon pada akhir abad ke-17.

Pada tahun sekitar 1878 hampir seluruh perkebunan kopi yang ada di wilayah Indonesia mengalami kerusakan karena wabah penyakit jenis karat daun atau dalam bahasa ilmiah disebut Hemileia vastatrix. Kemudian Belanda mengganti tanaman yang rusak dengan jenis liberika.

Setelah wabah tersebut terjadi hingga bertahun tahun,kemudian selang waktu 12 tahun tanaman kopi liberika ini juga mengalami hal sama yakni serangan penyakit dengan jenis hama karat daun, dan setelah melakukan beberapa penelitian yang terjadi pada tahun 1907 maka negara Belanda kembali mengganti jenis kopi liberika dengan jenis Arabika.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>