INI 5 MANFAAT TANAMAN ASEM


Indonesia memang memiliki tradisi yang terus berjalan sampai saat ini. Yaitu mengolah jamu sebagai obat herbal tradisional dan bisa mengatasi berbagai jenis penyakit. Dan salah satu bahan yang sering digunakan yaitu daun dari tanaman asem.

Daun tanaman asem memiliki rasa yang lebih segar dibandingkan dengan jenis jamu lainnya yang cenderung memiliki rasa pahit. Jika buah asem biasanya dimanfaatkan untuk bahan bumbu dapur masakan, Namun siapa sangka bagian daun asam memiliki banyak kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Diantara kandungan tersebut adalah kandungan vitamin B, vitamin C, zat antioksidan, beta karo tin, dan mineral. Tidak heran jika tanaman asem memiliki banyak manfaat untuk proses penyembuhan dan menjaga stamina tubuh, dengan meminum atau mengkonsumsi ramuan asem. Cara mengolah ramuan jamu atau minuman asem ini adalah mengambil daun asam sebanyak gengaman tangan. Lalu cuci daun hingga bersih dan tambahkan 2 gelas air untuk merebusnya. Cara lainnya adalah menjadikannya minuman jus dengan menambahkan madu didalamnya. Dari ramuan inilah dapat membantu
menyembuhkan penyakit seperti :

  1. Sakit Malaria, karena dalam daun asam mengandung zat antibakteri yang menghentikan perkembangan virus plasmodium falciparum yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina.
  2. Sakit kuning, zat pada daun asem bisa membantu fungsi empedu sebagai penyaring darah untuk mengobati penyakit kuning.
  3. Diabetes, ramuan daun kuning dapat membantu proses produksi insulin dalam darah yang dibutuhkan untuk menekan kadar gula dalam tubuh.
  4. Mengobati gigi dan gusi berdarah, daun asem akan menghasilkan vitamin C dan antioksidan tinggi untuk menyembuhkan sakit gigi dan gusi berdarah.
  5. Mengatasi kram perut saat menstruasi, daun asam memiliki kandungan analgesik untuk meredakan rasa kram, hal ini juga sudah diterapkan pada produk pereda nyeri haid yang banyak beredar.

Tanaman asem memang sudah terbukti ampuh sebagai obat herbal tradisional dari dulu, dan terus diwariskan secara turun menurun. Mengkonsumsi ramuan asem bisa sangat bermanfaat dan pastinya lebih aman sebagai usaha menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti yang disebutkan di atas.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>