7 Masjid Megah dan Paling Indah di Jawa Timur

Untuk calon pengantin yang sudah mulai merancang resepsi pernikahan, menyewa gedung dan masjid, Anda harus terlebih dahulu memeriksa bahwa lokasi yang Anda pilih sudah benar.

Ya, masjid yang indah, megah dan bahkan lebih memesona, dapat menjadi kesan terpisah untuk melengkapi kesucian upacara pernikahan Anda, terutama ketika pengantin pria mengatakan persetujuan qabul, yang pentingnya adalah luar biasa ketika datang untuk melakukan peran ayahmu dan melindungi.

7 Masjid Megah dan Paling Indah di Jawa Timur

Selain itu, pengalaman pernikahan yang Anda rencanakan di Jawa Timur dapat diselesaikan dengan menggunakan salah satu masjid paling indah di Jawa Timur, yang merupakan ikon kota yang tersebar di seluruh provinsi.

Nah, kali ini kami akan menyajikan dalam versi kami sebuah artikel tentang 7 masjid paling indah di Jawa Timur. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk merujuk ke Ijab Qabul. Ingin tahu? Inilah pilihannya!

#Masjid Agung – Tuban

Terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun 1984 dan sebelumnya dikenal sebagai Masjid Jami.

Jika Anda ingin menggunakan masjid ini sebagai tempat untuk Ijab Qabul, lokasinya tidak jauh dari Tuban Square. Masjid ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena konsep yang menarik seperti 1001 malam. Selain itu, tamu dan kerabat Anda tidak memiliki masalah untuk sampai ke tempat itu karena berada di pusat kota. Masjid ini dihiasi dengan kubah besar berwarna biru dan kuning, sedangkan dindingnya dihiasi dengan ukiran yang khas.

# Masjid Al-Akbar, Surabaya

Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya. Lokasinya di Surabaya, Jawa Timur. Tepat di sebelah jalan tol Surabaya-Gempol. Dengan luas 11,2 hektar, masjid ini dibangun dengan arsitektur yang unik.

Kubah masjid membentuk struktur dengan kombinasi biru dan hijau. Selain itu, masjid ini dilengkapi dengan menara dengan ketinggian hingga 99 meter.

Konstruksi dimulai pada 1995 dan kemudian diresmikan oleh KH. Abdurrahman Wahid pada tahun 2000, yang menjabat sebagai Presiden Indonesia pada saat itu. Jual Kubah Masjid

Masjid ini juga dapat menjadi pilihan Anda untuk Ijab Qabul, karena fasilitasnya dilengkapi dengan sekretariat, sistem suara, karpet panggung, AC, 3 tempat WiFi, 100 kursi, ruang ganti dan toilet dan tamu undangan Anda bahkan dapat menampung hingga 2000 orang. bisa.

# Masjid Tiban, Malang

Masjid yang paling indah di Jawa Timur ini kemudian terletak di kota Malang dan dikenal sebagai Masjid Tiban. Artinya, masjid itu dibangun oleh Djinn dalam satu malam. Terletak di kompleks pondok pesantren Biharu Bahri’asali Fadlaailir Rahmah, yaitu di wilayah Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Disebut Masjid Tiban, yang artinya “tiba-tiba ada”.

Namun, kisah tentara Jin yang membangun masjid hanyalah sebuah cerita. Masjid ini sebenarnya secara bertahap dibangun oleh Santri. Konstruksi pertama dimulai pada tahun 1991 dan belum selesai. Masjid ini sangat besar dengan 9 lantai dan memiliki toko suvenir, toko makanan ringan, binatang dan daerah lainnya.

# Masjid Baiturrahman, Banyuwangi

Anda dapat memilih masjid ini untuk Ijab Qabul. Terletak di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Masjid ini dikembangkan sejak 1773, kemudian renovasi pertama berlangsung dari tahun 1844 hingga 1971. Renovasi telah dilakukan hingga empat kali dan yang terakhir pada tahun 2005 sejauh ini.

Masjid ini dilengkapi dengan gedung balai yang megah yang dapat digunakan untuk pengajaran agama, untuk kegiatan administrasi Takmir atau bahkan untuk persetujuan Anda terhadap Qabul.

# Masjid Agung Sumenep, Madura

Masjid ini tidak hanya menjadi objek wisata di kota Madura, tetapi juga tempat yang cocok untuk mendapatkan persetujuan Qabul Anda. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Sumenep Jamic.

Dari bangunan, masjid ini memiliki dinding depan yang dilengkapi dengan gerbang yang indah dan warna dengan kombinasi kuning, hijau dan putih. Lokasinya tidak jauh di alun-alun. Masjid ini awalnya dibangun pada 1779 dan selesai pada 1787. Arsitekturnya adalah hasil perpaduan Jawa, Eropa dan Cina.

#Masjid Agung Jember

Masjid Agung Jember memiliki nama berbeda untuk Masjid Jami ‘Al-Baitul Amien. Lokasinya berada di pusat Kota Jember, menjadikannya ikon di kota tersebut. Sekitar 100 pohon kelapa ditanam rapi di zamannya.

Masjid ini dilengkapi dengan tiga kubah melengkung dan ada menara di bagian atas. Sepintas, masjid ini seperti payung terbuka. Di dalamnya, Anda dapat menikmati keindahan seni, karena ada ornamen di pilar dan dinding utama masjid. 

Masjid Agung Kediri

Pilihan terakhir untuk versi persetujuan kami adalah Masjid Agung Kediri. Terletak di sebelah alun-alun kota Kediri. Masjid ini selesai dibangun pada 2008 dan berlokasi di Jl. Panglima Sudirman, yaitu di depan Dhoho Square dan barat daya dari Kediri Square. Masjid ini memiliki dua lantai dan cukup keren untuk Bermunajat, terutama bagi mereka yang ingin menyetujui Qabul di sana.

Kita mungkin sempat berpikir bahwa biasanya bangunan masjid khusus nya di Indonesia ini mempunyai kubah yang menghiasi atap masjid dan sebagai ikon akan masjid itu sendiri. 

Meski kubahnya tidak identik dengan Islam. Kubah itu juga tidak dikenal pada zaman Nabi Muhammad.

Arsitek terkemuka, Profesor K. A. C. Cresswell berkata dalam majalah Arsitektur Muslim Dini kalau wujud awal masjid Madinah( Masjid Nabawi) tidak memakai kubah. Desain masjid Muslim awal sangat simpel, cuma dalam wujud persegi panjang dengan tembok pembatas, tulis Cresswell.

Kubah sudah lama jadi bagian dari arsitektur lama; umumnya dari dahan kayu bagaikan penyangga, yang setelah itu dipadatkan dengan lumpur ataupun batu. Semacam makam Yunani( Greek- Mycenaean) dari abad ke- 14 SM. Teknologi pabrikan berbeda di tiap daerah. Misalnya, Honai, rumah tradisional Dani di Papua, memakai daun sagu bagaikan penutup.

Pemakaian kubah bertambah pada Abad Pertengahan sehabis Kekaisaran Romawi mulai memakai struktur kubah yang menempel pada bangunan persegi panjang. Ini dibuktikan dengan keberadaan bangunan Panthenon( kuil) di Roma, yang dibentuk antara 118 Meter serta 128 Meter oleh Raja Hadria.

Arsitektur Islam tertua yang dia pakai merupakan Kubah Batu( Qubbat as- Shakrah), suatu kuil di Masjid Al- Aqsa di Yerusalem, yang dibentuk pada 691 Meter oleh Abdul Malik bin Marwan, Khalifah Ummaiyyah. Ini merupakan monumen Islam tertua yang sudah dilestarikan sampai hari ini.. Pembangunan kubah wajib melampaui atap Gereja Makam Suci yang indah, tulis Phillip K. Hitti dalam sejarah orang- orang Arab.

Bagi Taufik Ikram Jamil dalam The Headpiece for Malay Malay, diterbitkan oleh Kompas pada 1 Agustus 2003, masjid awal di kepulauan yang memakai atap berkubah merupakan Masjid Sultan di Riau, dibentuk pada 1803, semacam Yang Yang Pertuan Muda VII, Raja Abdul Rahman( 1833)- 1843).

Masjid umumnya tumpang tindih di nusantara. Kubahnya tidak dikenal. Pemakaian kubah di Asia Tenggara diawali sehabis Perang Rusia- Turki dari tahun 1877 sampai 1878- antara Rusia, Rumania, Serbia, Montenegro serta Bulgaria melawan Kekaisaran Ottoman- yang mengangkut gagasan menghidupkan kembali Islam serta pan- Islamisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *